Walikota Bekasi Rahmat Effendi Kunjungi Salah Satu Perternak Kambing

Walikota Bekasi Dr. H. Rahmat Effendi Kunjungi Perternak Kambing

BERITA BEKASI – Dalam kunjungannya ke salah satu pengelolaan peternakan kambing atau domba di daerah Kelurahan Padurenan Kecamatan Mustika Jaya. Walikota Bekasi, Rahmat Effendi bersama Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Bekasi, Herbet Panjaitan, melihat kondisi kambing yang dikelola Darmansyah dari Dinas Ketapang Kota Bekasi, Rabu (24/11/2021).

Pengelolaan peternakan kambing atau domba melalui Dinas Ketapang Kota Bekasi berjumlah sekitar 100 Kelompok atau 100 kandang dalam pengelolaan di Kota Bekasi, terdapat 11 Kecamatan dan 37 Kelurahan yang ikut dalam program dari Dinas Ketapang Kota Bekasi.

Dalam kunjungan Rahmat, Darmansyah diberikan pengelolaan 1 kambing jantan dengan 10 kambing betina yang diharapkan agar pengembangan dari setiap induk kambing atau domba menjadi domba atau kambing yang terbaik dan bisa dijual belikan dalam kondisi sehat di pasar.

Pengelolaan peternakan kambing atau domba ini merupakan adopsi usai Walikota Bekasi melakukan kunjungan kerja atau studi banding ke Kota Sleman yang merupakan penghasil peternakan terbaik dengan sistem kandang yang tidak mengganggu indera penciuman di masyarakat serta pengeolaan kotoran dari hewan tidak meresahkan warga sekitar.

Namun, Rahmat memberikan usul untuk kandang agar dibuat setradisional mungkin dengan menggunakan bambu atau kayu, sehingga alokasi dana tersebut bisa dibelikan induk kambing atau domba lagi sehingga masyarakat bisa merasakan daya saing dari pengelolaan peternakan tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Bekasi, Herbet Panjaitan mengatakan, untuk para pengelola peternakan kambing atau domba ini diberikan subsidi juga untuk bahan pakan kambing dan domba, seperti Pakan konsentratnya sebanyak 2 Ton dan rumput bibit odot 10 kilo per kelompok.

“Dari kambing jantan tersebut di kawinkan dengan 10 kambing betina sehingga dengan harapan dari kambing betina bisa melahirkan banyak dan pengelola akan terus tetap berjalan dalam usahanya,” pungkas Herbet. (Adv Humas/Edo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *