Sambut Ramadhan, Warga RT01 VGH Kebalen Gelar Ruwahan

BERITA BEKASI – Menjelang bulan puasa, umat Islam disetiap daerah memiliki tradisi berbeda-beda seperti yang digelar warga Perumahan Villa Gading Harapan (VGH) RT01/RW024, Kelurahan Kebalen, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, tradisi ruwahan yang kerap dijalankan warganya.

Dalam tradisi ini, warga RT01 atau biasa disebut “Warga Manunggal 01”, menggelar kegiatan tahlilan dan yasinan dilapangan serbaguna secara berjemaah. Tradisi ini, merupakan bagian dari kebiasaan nenek moyang terdahulu dan sebagai perwujudan akulturasi yang dilakukan Wali Songo (Wali Sembilan).

Hadir dalam kesempatan itu, Ketua RW024, Said Utomo, para Tokoh RT01, Syairi, Koesnadi, Padmono, Ustadz Arif, Amaluddin dan Didin, sekaligus mewakili DKM Masjid Abubakar Asidiq, para sepuh dan semua warga RT01 dengan tausiyah yang dibawakan Ustadz Khoiruddin Jamil S.pd Ujung Harapan Bekasi.

Dalam pembukaan acara, Ketua RT01, Agus Priyono didampingi Wakil Ketua RT01, Heriyanto mengatakan, tradisi ruwahan ini menjadi ajang atau wadah silahrurahmi dan saling bermaaf-pan antar warga dan para Pengurus RT01 dalam rangka menyambut bulan Suci Ramadhan 1442 hijiriah tahun 2021.

“Sebagai manusia kita tak luput dari salah dan ke khilafan baik sengaja atau tidak sengaja dengan tetangga atau warga RT01 secara keseluruhan, terutama segenap para Pengurus RT01 yang mengurusi lingkungan dan warga. Disinilah, kita teduhkan hati, hilangkan ke egoisan kita agar nyaman kita menjalankan ibadah puasa,” terang Agus Priyono, Sabtu (3/4/2021) malam.

Agus pun menghimbau, warganya RT01 untuk senantiasa selalu kompak baik dalam bertetangga sehari-hari ataupun dalam kegiatan membangun lingkungan yang nantinya akan diwariskan kepada anak-anak kita kelak sebagai generasi penerus. Tanpa kekompakan kita yang kuat antar warga RT01, niscaya harapan-harapan itu akan tercapai dengan baik.

“Kami, selaku jajaran Pengurus bersama Tokoh RT01, telah membuka diri dengan diselenggarakannya acara ruwahan ini untuk saling bermaaf-maaf-pan antar warga dan bersama para jajaran Pengurus RT01. Kalau mungkin ada 1, 2 atau 3 warga yang tidak berkenan hadir itu biasa akan selalu ada dimanapun dalam cerita sebuah lingkungan,” tandas Agus.

Baca Juga  Lebaran Kedua, TPU Desa Telaga Murni Masih Dibanjiri Penziarah

Hal senada juga diungkapkan, Ketua RW024, Said Utomo dalam sambutannya mengatakan, bahwa kerukunan dan kekompakan warga menjadi tombak utama majunya sebuah lingkungan baik lingkungan RT01 dan wilayah RW024 secara keseluruhan. Kekompakan warga adalah sebuah kekuatan yang akan sama-sama bisa menjaga dan membangun lingkungan.

“Lingkungan atau wilayah ini akan terbangun jika semua warganya kompak satu sama lainnya tanpa selalu mencari perbedaan, tapi kebersamaan lah yang harus kita bangun agar menjadi kuat. Dalam menyambut bulan Suci Ramadhan atau puasa ini, setelah kita bermaaf-pan, mari kita bersihkan hati kita, pikiran kita untuk membangun tali silahturahmi yang baik bangun kekompakan untuk menuju lingkungan yang lebih baik,” tutup Said Utomo.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan mendengarkan tausiyah yang dibawakan Dai yang pernah mengikuti Audisi Aksi Dai Indosiar yakni, Ustadz Khoiruddin Jamil S.pd dari At-Taqwa Ujung Harapan Bekasi bertema “kewajiban kita mendoakan, teruma kepada orang tua kita yang sudah meninggal dunia” yang sama-sama didengarkan sevara khikmat dan mencairkan suasana dalam acara ruwahan yang digelar.

Ustadz Arif, selaku pembawa acara atau MC ruwahan, sepatah dua kata mengeluarkan kata mutiaranya berupa nasehat dan menajamkan tema acara ruwahan yang digelar warga RT01 yang menambah hangatnya kerbersamaan. Begitu juga dengan Ustadz Amalludin dan Ustadz Didin yang memimpin Yasinan dan Tahlil serta kiriman doa kepada junjungan Nabi Muhammad SAW, para guru, para muslimin dan muslimat wabil khusus kepada para orang tua warga RT01, terutama yang sudah meninggal dunia. (Gimin)

Iklan

admin

Read Previous

R. Meggi Brotodiharjo: Segera Tindak Lanjuti Pengaduan Masyarakat

Read Next

Hadang Aksi Terorisme, TNI-Polri Ponorogo Gelar Operasi Gabungan

Tinggalkan Balasan